Flower Power – Ishak

Life Journal of Ishakq in UNPAD

Kenapa memilih motor Honda Supra X 125 PGM-FI ?

September20

Sedari dulu saya menginginkan motor yang “gratest motorcyecle my money can buy”. Maka lahirlah beberapa kriteria :
1. Harus memiliki rem cakram (disc brake) baik depan maupun belakang, demi keamanan pengereman
2. Harus memiliki teknologi fuel injection (PGM-FI), untuk menghemat bahan bakar
3. Harus memiliki velg racing, untuk kestabilan
4. Kapasitas mesin di atas 100cc
5. Mencapai maksimum power pada putaran mesin (rpm) yang rendah.
6. Harus memiliki kemampuan untuk menggantung belanjaan harian berbentuk kantung keresek.
7. Banyak bengkel resminya
8. Mudah suku cadangnya.

Liat-lihat brosur banyak istilah aneh, setelah cari-cari ternyata ini artinya :
SDD (Rem cakram pada roda depan dan belakang)
SD (Single Disc – Rem cakram hanya yang depan)
R ( Racing)
CW (Cast Wheel = velg racing)
PGM-FI (Programmed Fuel Injection)


Maka pilihan saya jatuh ke honda supra 125 X PGM-FI. Kenapa ?

1. Memiliki rem cakram depan dan belakang (walaupun beda piston). Rem cakram memikin nilai tinggi bagi saya karena rem cakram lebih pakem sedangkan rem kanvas dalam waktu lama akan merusak velg, karena gesekan yang terjadi adalah antara kanvas dengan velg. Sedangkan pada rem cakram, gesekan terjadi antara kanvas dengan cakram.
2. Memiliki teknologi fuel injection
3. Memiliki velg racing untuk kestabilan dan lebih ringan dari velg jari-jari.
4. Kapasitas mesin 125cc
5. Mampu mencapai maksimum power pada 5000 rpm (bandingkan dengan supra X karburator yang 7500rpm)
6. Sepeda motor cub (bebek) pasti dapat dipasang gantungan keresek (tidak seperti motor sport)
7. Honda banyak memiliki bengkel resmi AHASS
8. Suku cadang honda ? jangan ditanya, pasti banyak lah

Spesifikasi lengkap dapat dilihat di sini, atau di sini.

KOMPARASI MERK LAIN :

1. Dahulu, saya sempat melirik yamaha, karena memang tarikan pada putaran mesin rendah memang bertenaga. Tapi sayang, sampai tulisan ini turun, tak ada produk yamaha yang memiliki rem cakram pada roda belakang, dan tak ada yang memiliki teknologi fuel injection (CMIIW).

2. Ketika melihat suzuki, memang ada yang punya rem cakram belakang dan injection, tapi kenapa ya, saya tidak tertarik. Padahal ada suzuki shogun yang diagram fuel-injectionnya bisa dilihat di sini.

3. Ketika melihat komparasi kapasitas bensin dalam satuan cc, kelihatannya keperluan saya berkendaraan di perkotaan tidak terlalu memerlukan cc besar. Memang bisa se-ngebut apa di kota bandung yang mulai sering macet ? Sehingga cc besar hanya akan terbuang sia-sia.

Nah saya ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman saya memiliki motor ini.

1. Oli yang disarankan adalah oleh Honda adalah AHM OIL MPX-1 dengan kekentalan 10W-30. Oli Federal yang biasa ada di bengkel resmi honda (AHASS) dengan kekentalan 20W-50, kelihatannya sudah tidak cocok lagi dengan teknologi mesin Honda baru yang jarak antar komponen mesin semakin kecil. Dengan demikian, mesin motor honda baru memerlukan pelumas yang lebih encer . Menurut riset Honda Jepang, keenceran oli ini akan membuat kerja mesin semakin baik sehingga dapat menghemat bahan bakar sebanyak 8%.

2. Bahan bakar yang disarankan adalah yang beroktan 92, karena motor ini memiliki tingkat kompresi 9 : 1. Bukan berarti motor ini tak bisa jalan dengan bahan bakar biasa (bensin premium), tapi perubahan tenaga akan sangat terasa jika memakai bahan bakar beroktan 92, seperti pertamina pertamax 92, petronas primax 92, dan shell super 92. Pemakaian bensin beroktan 88 (seperti pertamina premium) hanya akan menghasilkan pembakaran karena tekanan, bukan karena percikan busi. Saya tidak menganggap ini sebagai kelemahan, karena pada motor baru, hampir semua tingkat kompresinya di atas 9:1. Jadi pemakaian pertamax bukan karena injection atau bukan, tapi karena rasio kompresi pada mesin. Saya lihat banyak motor yang rasio kompresinya sudah diatas 9:1 tapi tetep saya pakai bahan bakar premium, sehingga pembakaran yang terjadi tidak sempurna.

3. Jika ingin memasang gantungan keresek di depan, tidak bisa langsung dipasang pada body, karena akan menggesek bodi. Pasanglah bagasi (tempat menyimpan barang) depan, kemudian pasanglah gantungan itu pada bagasi depan (bukan pada body motor).

KELEBIHAN :

1. Teknologi fuel injection mampu memberikan volume bahan bakar secara akurat ke mesin sehingga mampu menghemat antara 10-15% bahan bakar. Sangat hemat bahan bakar. Penjelasan resmi honda mengenai fuel injection bisa dibaca di sini. Bahkan sudah ada bukunya di sini. Bahkan sebuah tugas akhir pernah membahas hal ini di sini.

Menurut situs ini, sistem injeksi yang diaplikasi pada Honda Supra X125 PGM-FI masuk kategori D-Jetronic. Dimana jumlah semprotan bensin diukur berdasarkan kevakuman di dalam intake manifold. Sensor yang mendeteksi kevakuman disebut absolute manifold pressure (MAP). Pada tipe ini tidak dilengkapi komponen penimbang udara masuk atau air flow meter. Komponen-komponen fuel injection ini antara lain :

a. Sistem bahan bakar
Komponen Supra X125 PGM-FI yang bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga mulut injektor antara lain: tangki bensin (fuel tank), saringan bensin (fuel suction filter), pompa bensin (fuel pump), pressure regulator, saluran balik bensin ke tangki, pipa penyalur bensin (fuel feed hose) dan injektor (injector).

b. Sistem induksi udara
Udara yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati bebera komponen untuk diukur kevakumannya sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan. Selain itu juga melewati komponen pendeteksi kondisi udara.

c. Komponen sistem induksi udara pada Supra X125 PGM-FI meliputi: saringan udara, throttle body, intake manifold dan silinder. Di dalam throttle body terdapat manifold absolute pressure (MAP) sensor, intake air temperature (IAT) sensor dan katub gas yang pergerakan sudutnya dideteksi oleh throttle position (TP) sensor.

3. Sistem kontrol elektronik
Komponen yang termasuk sistem kontrol elektronik yaitu seluruh sensor-sensor yang mendeteksi beberapa kondisi mesin. Sensor yang terdapat pada Supra X125 PGM-FI antara lain: MAP sensor, IAT sensor, TP sensor, engine oil temperature (EOT) sensor, bank angle sensor (BAS) dan ignition pulse generator.

2. Banyaknya sensor elektronis pada technologi fuel injection membuat bahan bakar terbakar lebih sempurna sehingga mengurangi emisi gas buang.

3. Banyaknya sensor temperatur dan ketinggian tanah elektronis pada technologi fuel injection mampu membuat campuran bahan bakar dan udara lebih sempurna sehingga motor ini tak memerlukan choke.

4. Waktu perawatan lebih singkat (hanya 15 menit), karena proses perawatan karburator yang banyak makan waktu bisa dilewati.

5. Proses perawatan fuel injection cukup 10.000-15.000km sekali. (Bandingkan dengan karburator yang 2000 km sekali)

6. Bank Angle Sensor (sensor kemiringan) membuat motor ini mati jika berada di sudut 30 derajat (sudut terjatuh) sehingga bensin tidak terus mengalir. Dengan demikian kebakaran dalam kecelakaan dapat dicegah.

7. Ketika mencapai kecepatan tertentu (diatas 30 km / jam), maka motor ini dapat menyusul kendaraan lain dengan mudah sekali, walaupun kendaraan yang dituju sudah melaju jauh di depan. Saya jadi sering tersenyum ketika ada motor dengan knalpot berisik ngajak balapan dengan start lampu merah. Biarin aja dia duluan, pasti tak lama kemudian saya bisa mengejarnya dengan mudah. (asal jangan diadu dengan motor racing aja, ngak fair kan ?). Tenaga 125cc ini sangat terasa dalam perjalanan ke luar kota.

8. Gigi satu mampu mencapai kecepatan yang lumayan.

Kelemahan :

1. Dibandingkan dengan motor berkaburator (bukan fuel injection), memang tenaga terasa agak kurang pada putaran rendah, tapi ketika mencapai kecepatan tertentu (diatas 30 km / jam), maka motor ini dapat menyusul kendaraan lain dengan mudah sekali, walaupun kendaraan yang dituju sudah melaju jauh di depan. Kelemahan ini dapat dikompensasi dengan menambah tekanan udara pada ban. Setingan tekanan udara ban berdasarkan seting pabrik (29psi pada ban depan,33psi pada ban belakang) memang nyaman karena dapat menyerap benturan dengan permukaan jalan yang tak rata secara lebih baik. Tapi pasti akan mengurangi tenaga. Saya naikkan tekanan ban jadi 40psi dan saya serahkan urusan kenyamanan pada shock breaker dan motor masih dapat digunakan pada jalan batu secara nyaman.

2. Masih ada bengkel kelas pinggir jalan yang tak memahami teknologi fuel injection. Tapi tak masalah. bengkel resmi AHASS banyak bertebaran. Dan jika anda mudik lebaran, biasanya Honda menyediakan pos-pos khusus honda. Menurut saya pribadi, dengan teknologi fuel-injection maka jika terjadi kesalahan (error) pada system injection, pencarian kesalahan dapat didapat dengan mudah melalui error-code yang bisa didapat di sini.

3. Sistem ECU (Engine Control Unit) atau sering disebut ECM (Electronic Control Module) pada sistem fuel injection banyak bergantung pada kelistrikan. Karena itu jika anda bukan ahli modifikasi, sedapat mungkin faktor kelistrikan sebisanya biarkan standard.

4. Sedapat mungkin bagian kelistrikan tidak disemprot dengan air bertekanan tinggi seperti yang ada di tempat-tempat cuci motor. Tekanan yang dikurangi atau Tekanan air dari ledeng masih Ok.

5. Denger-denger (walaupun saya belum pernah membuktikan), harga motor injection memiliki harga jual kembali yang lebih rendah dibanding dengan motor berkarburator. Tapi hal ini saya anggap sebagai ketakutan dari orang-orang dan bengkel yang tidak mengerti teknologi fuel injection. Kalaupun perbaikan sistem injection dinilai lebih mahal dari perbaikan karburator, maka penghematan bahan bakar yang ternikmati selama ini bisa menutupinya bukan ? Atau hal ini terjadi karena tujuan pembelian motor adalah untuk dimodifikasi, sementara tabel fuel injection biasanya sulit dirubah, kecuali oleh bengkel resmi pada tingkat tertentu.

Menurut situs ini, Sistem injeksi yang diaplikasi pada Honda Supra X125 PGM-FI masuk kategori D-Jetronic. Dimana jumlah semprotan bensin diukur berdasarkan kevakuman di dalam intake manifold. Sensor yang mendeteksi kevakuman disebut absolute manifold pressure (MAP). Pada tipe ini tidak dilengkapi komponen penimbang udara masuk atau air flow meter .

Komponen injeksi Supra X125 PGM-FI secara keseluruhan tampak seperti gambar di bawah. Jika dibandingkan dengan bahasan sebelumnya (Komponen Dasar Motor Injeksi) memang tidak semua komponen injeksi terpasang pada Supra X125 PGM-FI.

Kelengkapan komponen injeksi disesuaikan kebutuhan dari motor itu sendiri. Terkadang sensor-sensor atau komponen lainnya memiliki perbedaan istilah atau nama meskipun memiliki persamaan fungsi.

1. Sistem bahan bakar
Komponen Supra X125 PGM-FI yang bertugas mengalirkan bensin dari tangki hingga mulut injektor antara lain: tangki bensin (fuel tank), saringan bensin (fuel suction filter), pompa bensin (fuel pump), pressure regulator, saluran balik bensin ke tangki, pipa penyalur bensin (fuel feed hose) dan injektor (injector).

2. Sistem induksi udara
Udara yang dihisap masuk ke dalam silinder melewati bebera komponen untuk diukur kevakumannya sebagai patokan jumlah bensin yang akan diinjeksikan. Selain itu juga melewati komponen pendeteksi kondisi udara.

Komponen sistem induksi udara pada Supra X125 PGM-FI meliputi: saringan udara, throttle body, intake manifold dan silinder. Di dalam throttle body terdapat manifold absolute pressure (MAP) sensor, intake air temperature (IAT) sensor dan katub gas yang pergerakan sudutnya dideteksi oleh throttle position (TP) sensor.

3. Sistem kontrol elektronik
Komponen yang termasuk sistem kontrol elektronik yaitu seluruh sensor-sensor yang mendeteksi beberapa kondisi mesin. Sensor yang terdapat pada Supra X125 PGM-FI antara lain: MAP sensor, IAT sensor, TP sensor, engine oil temperature (EOT) sensor, bank angle sensor (BAS) dan ignition pulse generator.

SPARE PARTS
Butuh komponen motor, lihat pada dokumen ini Spare Part Component PC_SupraX125PGMFi

Nah itulah pengalaman dan opini pribadi saya. Mungkin beda dengan orang lain. Semoga bisa bermanfaat.

PRANATA LUAR
1. Honda PGM-FI Technology.
2. PGM-FI.
3. Beberapa video terkait teknologi Honda PGM-FI.
4. Kelompok pemilik Supra 125 PGM-FI di facebook.

PRANATA DALAM
1. Penjelasan Fuel Injection.
2. Memilih bahan bakar.

posted under Automotive, KnowHowTo
59 Comments to

“Kenapa memilih motor Honda Supra X 125 PGM-FI ?”

  1. On October 6th, 2009 at 3:12 pm Herwandi Says:

    Makasih referensinya, saya memang mau beli Supre X 125 PGM FIdalam waktu dekat ini, tapi saya mau timbang2 dulu dan mencari referensina ttg teknologi FI ini…. klo sampai minggu ke 3 saya tidak cukup yakin dengan FI terpaksa saya beli yag di bawahnya, yg 15 jt-an itu….

  2. On October 8th, 2009 at 4:13 pm admin Says:

    @Herwandi
    Silakan, semoga informasi yang saya tulis bermanfaat

  3. On October 9th, 2009 at 2:59 pm Faris Bawazier Says:

    Mas, mau tanya nich ?
    masalah cara pencucian bagaimana, katanya tidak boleh di steam ? Takut terkena system injectionnya ?

  4. On October 10th, 2009 at 8:33 pm ardhanie Says:

    semua penjelasan anda tersebut benar adanya, tidak dilebih2kan,tapi ada yang saya kurang setuju kalo harga jual kembali lebih rendah, yang bilang rendah karena belum pernah menggunakan motor beksi (bebek injeksi). Rasakan dulu sensasi berkendara motor beksi ini baru komentar, apapun komentar anda baik kelebihan maupun kekurangannya,silahkan anda nilai sendiri. Saya menggunakan motor beksi ini dengan nopol W 2121 RR (georgeous blue). Less talk do more…

  5. On October 12th, 2009 at 3:13 pm admin Says:

    @ Faris
    Menurut buku petunjuk demikian, tapi alasan teknis mengapa demikian, saya belum mendapatkan press release teknis secara resmi dari honda.

  6. On October 12th, 2009 at 3:17 pm Buyung Edward Says:

    Makasih, wawasan sy jd semakin terbuka… Sy beli motor Supra X 125 PGM-FI dari bulan maret 2008…

  7. On October 12th, 2009 at 3:18 pm admin Says:

    @Ardhanie
    Saya adalah salah satu pemilik dan pengendara motor ini. Tapi saya mencoba untuk bersikap adil dalam menilai. Bagaimanapun tidak ada motor yang sempurna.

    Perihal harga jual lebih mahal, itu pun telah saya tulis sebagai “informasi yang belum terkonfirmasi”

    Jika anda pemilik beksi milik anda adalah Honda supra 125 PGM FI, silakan gabung di group pemilik di facebook, dengan URL http://www.facebook.com/group.php?gid=138265347449

  8. On October 12th, 2009 at 4:15 pm ARIE Says:

    Ok kak.. thanx for info nya.

    ”GUE PERTAMA”

  9. On November 4th, 2009 at 9:48 pm NICOLAS OTTO BANGUN Says:

    TEpat sekali infonya , saya pemilik supra x 125 PGM-F1. BELI Bln 4 THN 2008. MEmang beda skli prfomanya dengan sepeda motor merek lain yg skelas. dan yg plg saya suka yaitu prformanya ketika lari diatas 60 km/jam , sngat trasa tnaga yg d hsilkan srta knyamanan nya.

    BRAVO PGM-F1

  10. On November 16th, 2009 at 6:16 am Oed Jat Says:

    Sudah setahun lebih saya pakai Supra X PGM F1 dan terasa luar biasa hemat BBM. Saking hematnya membuat saya beralih dari premium ke pertamax. Hasilnya motor lebih bertenaga dan mesin lebih awet.

  11. On November 23rd, 2009 at 3:18 pm kiwil Says:

    hmm.. irit ? ga salah ? :p setau gw klo injection musti pake premix / bbm non timbal.. otomatis bayar lebih per liternya…

    klo mau adu irit ma bajaj xcd 125 hayou menang sapa ? :p

    keren siy emang injection tapi klo diminumin premium nti cepet jebol unit injectornya heheh…

  12. On November 25th, 2009 at 3:34 pm admin Says:

    Memang harga premix lebih mahal, tapi habisnya pun akan lebih lama dibanding premium. Hal ini dipengaruhi oleh compression ratio mesin. Tidak percaya ? Silakan dibuktikan. Caranya.
    1. Isi penuh dengan premium (murni tak tercampur). Silakan pakai, kemudian hitung, bahan bakar ini habis berapa hari
    2. Jika premium sudah habis, isi penuh dengan pertamax (murni tak tercampur). Silakan pakai, kemudian hitung, bahan bakar ini habis dalam berapa hari.
    3. Jika motor menempuh jarak yang kurang lebih sama. Anda akan mencatat bahwa perbedaannya akan sangat signifikan. Harga pertamax memang lebih mahal, tapi lebih irit. Harga premium lebih murah, tapi lebih boros. Dihitung-hitung, sama saja

  13. On December 3rd, 2009 at 11:58 am D.K. Ardhanie Says:

    Terima Kasih info dan tanggapan yang diberikan, saya sudah bergabung di grup yang anda buat, salam.

  14. On December 6th, 2009 at 3:50 pm Aquarius_boy Says:

    wah…oce banget ni sobat infonya!…q br 1 minggu ni beli supra 125 injection,tenaganya emang terasa banget ama yg karbu..alamat gruop Fb nya apa sobat?

  15. On December 7th, 2009 at 10:14 pm admin Says:

    @Aquarius Boy
    link nya sudah saya sediakan pada bagian pranata luar di tulisan saya di atas.

  16. On December 13th, 2009 at 8:30 pm nic Says:

    mau nanya nih, kan di jakarta sering hujan. gmn tuh klo kena hujan ? atau ga jakarta uda mulai tergenang air… apa bisa mogok ?? atau gmn ?

  17. On December 15th, 2009 at 5:53 pm admin Says:

    Pengalaman saya menembus hujan lebat, tak ada masalah.
    Mewati genangan air, selama ketinggian air tidak melewati mesin, saya pikir masih aman.

    Pada intinya aturan motor tetap sama. Baik karburator maupun injection. Hanya saja injection lebih sensitif pada kelistrikannya.

  18. On December 20th, 2009 at 9:11 pm maulana kamal Says:

    pantesss banya yang milih honda, sampe tetangga w yang kerja di kawasaki belinya juga honda

  19. On December 28th, 2009 at 8:00 pm hanz Says:

    saya punya beksi tahun 2008 . tpi sekarng mesinnya kasar dan bila gasnya di lepas ad bunya “ToK” . ditanya ke Hondanya , dy bilang tidak knp2 . padahal sudah jelas ad yg tidak beres

  20. On December 28th, 2009 at 8:59 pm Donny Says:

    boleh nanya gak, apa nama lain (semacam besi) yang yg nempel di seal dalam tabng shock supra-x tahun 2004.
    thanx

  21. On January 19th, 2010 at 8:51 pm ahyar Says:

    injection dan karbulator ama aj

  22. On January 28th, 2010 at 10:02 am admin Says:

    @Ahyar

    Ah, masak sih sama aja. Secara teknis saja itu sudah jauh berbeda. Anda sudah pernah membandingkan dengan memakai secara langsung kedua jenis motor ini ? Atau anda hanya apatis saja ?

  23. On February 16th, 2010 at 7:17 am Masykur Says:

    Mksh mas..untk infox….oh ya mas untk proses prawtan bandingnx jauh bgt 10rb-15rb sekali…dr pd non fi..,pa bnr? refrensi apa mas..?
    Sekalian tnya 2k pergantian oli..yg bæk itu brpa tiap km?

    Mklum pnguna bru yg awam..blix jg g thu inject spt 2..eh trxta byk bdax…

  24. On February 16th, 2010 at 9:15 am admin Says:

    @Masykur
    Perbandingan perawatan lebih lama, karena injection memiliki masa pakai yang lebih lama (dibanding karburator), sebelum harus di lakukan pemeliharaan ulang. Hal ini dapat dilihat pada buku manual honda yang datang bersama motor tersebut.

    Pergantian oli akan sangat bergantung pada jenis oli yang dipakai. Oli biasa, biasanya sekitar 2000 km sekali, ada pula oli yang bisa sampai 4000 km sekali. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tulisan saya di sini : http://ishak.unpad.ac.id/?p=1402

  25. On February 23rd, 2010 at 11:37 am kiki Says:

    tapi kelemahan beksi, topspeednya kalah ma carburator, dan lebih sensitif air…
    tapi beksi unggul efisiensi dan perawatan

  26. On February 23rd, 2010 at 2:25 pm masykur Says:

    MAKCH 2K INFONYA

  27. On March 23rd, 2010 at 9:08 am RAHMAT Says:

    Saya baru beli New SupraX 125 1 bulan yang lalu.

    Sewaktu ingin ganti gear position dari 1 ke 2 ke 3 ke 4 terasa seperti ada suara yang nyangkut (ada yang tidak beres).

    Beda dengan Supra yang lama, gitu ganti gear position suaranya jelas dan pas.

    Bisa cari solusi nggak?

  28. On March 23rd, 2010 at 10:12 am admin Says:

    @Rahmat
    Dalam 1 bulan, motor masih bergaransi, tinggal di bawa ke AHASS yang melayani klaim. Biasanya ketidaknyamanan dalam berpindah gigi disebabkan setelah coupling yang kurang pas, dan dapat dengan mudah disetel sehingga nyaman kembali dipergunakan.

  29. On March 26th, 2010 at 1:58 pm yahya Says:

    mas mau nanya,,,teman saya baru beli pgm fi,,apa pake pertamax plus dari km awal mempengaruhi kinerja mesin selanjutnya? oli yang bagus amerek apa dengan kekentalan berapa ya?satu lagi bengkel ahass yang bagus untuk service pgm fi ini di bandung dimana ya? minta sekalian alamatnya ya….terimakasih

  30. On March 29th, 2010 at 10:42 am admin Says:

    @Yahya
    Penggunaan pertamax plus akan membuat pembakaran lebih efektif, sehingga tenaga meningkat.
    Merk oli dan kekentalannya sudah saya bahas di atas
    AHASS (bengkel resmi) saya pikir sudah memiliki standarisasi dalam melakukan service pada motor injection. Kalau ragu, silakan cari saja sertifikat kelulusan menangani motor injection. Biasanya dipajang di AHASS, dan mintalah mekanik bersertifikat tsb yang menangani motor anda.
    Semoga bermanfaat

  31. On March 30th, 2010 at 12:58 pm Yahya Says:

    nah mas, saya dari UNPAD juga ko mas, mahasiswa hukum…hehehe…boleh di bisikin ga tempat service ahass yang bagus plus nama engineer nya, dan oli di pgm fi milik mas..hehe…via email die_4_11@yahoo.com..minta tolong yak….

  32. On April 16th, 2010 at 2:13 am kings Says:

    kapasitas dan jenis oli yang sesuai untuk shoch depan honda supra 125 ?

  33. On April 16th, 2010 at 2:19 am kings Says:

    kapasitas dan jenis oli shoch depan honda supra 125 ?

  34. On April 16th, 2010 at 11:04 pm wawan Says:

    mas…bisa bantuin gak,cara menambah topspeed supra x 125 pgm f1??saya punya,dgeber mentok 115-117km/h,katanya ada tuh yg bs ampek 128km/h,klo bs tlong kasih bantuan ya mas,atau tmen2 bs bantu mungkin,maksh ya mas&salam wat supra holic smua…

  35. On April 27th, 2010 at 5:29 pm admin Says:

    @Wawan
    Silakan bergabung dengan para pemilik Supra X 125 PGM FI di sini :

    http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=138265347449&ref=ts

    barangkali ada yang membantu.

  36. On June 24th, 2010 at 6:26 pm arifin Says:

    Masih ada kelebihan lagi dari HONDA PGM FI?

  37. On August 1st, 2010 at 9:49 am rudi Says:

    jadi mas kalau kita ke bengkel honda , kita mau liat kondisi injection nya ….gmana bilngnya……

  38. On August 5th, 2010 at 6:46 pm nasirin Says:

    Kang saya rencanya mo ngambil honda PGM-Fi second aja,,maklum kang ker heheh, kira2 klo keluaran taun 2008 sy pake taun 2010 masih bagus gak ya mesinnya? logikanya kan yang otak-atik pasti bengkel Ahass ..thanks infonya

  39. On August 13th, 2010 at 8:29 pm IWAPA Says:

    Gua mau nanya, sedang berjalan mesin hidup tapi ngak mau digas. Sehingga PGM-FI FUEL INJECTION 125 SUPRA-X saya berhenti dengan TIBA-TIBA sehingga diTABRAK orang dari BELAKANG. COBA jelaskan adakah Penjelasan KIRA-KIRA saya punya mengidap penyakit apa, apakah PIHAK HONDA ada peduli dengan keadaan saya yang menderita akibat kerusakan ini ??? Saya percaya setiap diceritakan ada yang baik tentu ada sisi buruknya, sebagai mana yang saya tanggung bersama anak saya

  40. On August 13th, 2010 at 8:31 pm IWAPA Says:

    Sekarang honda saya opname di rUMAH dan saya di RUMAH SAKIT………………..nasib

  41. On August 19th, 2010 at 10:14 am admin Says:

    RT@ IWAPA

    Perlu di jelaskan, bahwa tulisan saya tidak mewakili pihak honda.

    Karena itu, silakan Anda layangkan keluhan anda kepada pihak honda secara langsung.
    Hanya saja perlu diketahui bahwa kegagalan motor dari berfungsi dipengaruhi banyak faktor.
    Mungkin anda bisa melampirkan beberapa hal ketika mengajukan kelihan ke pihak honda, seperti
    - Bagaimana cara anda merawat motor,
    - Apakah pernah melakukan penggantian spareparts dengan non original
    - Adakan sparepart yang sudah waktunya diganti, tapi tidak diganti ?
    - Kebersihan jenis bensin dari kotoran
    - Pernahkan motor dibongkar oleh teknisi non-honda (bukan ahass ?)

  42. On August 19th, 2010 at 10:16 am admin Says:

    RT @ Nasirin

    Alangkah baiknya membawa orang yang tahu kondisi mesin bekas
    Karena banyak faktor yang menentukan konsisi sebuah mesin itu bagus atau tidak
    Umur mesin tidak bisa menentukan bagus tidaknya, karena faktor pemakaian sangat mempengaruhi
    Jika umur masih muda, tapi motornya dipake balap, kan rada repot :D

  43. On August 19th, 2010 at 10:20 am admin Says:

    RT@ Rudi

    Biasanya masalah injection adalah tersumbatnya penyemprotan bahan bakar oleh kotoran yang ada pada bahan bakar
    Walaupun jarang sekali terjadi karena bahan bakar sudah disaring, tapi hal ini dapat terjadi dari kotoran-kotoran yang bersifat mikro
    Biasanya bengkel akan membersihkan saluran ini, agar aliran bahan bakar kembali lancar
    Silakan langsung saja bicarakan hal ini dengan pihak bengkel

  44. On September 6th, 2010 at 10:51 pm ukie Says:

    indikator bensin dipengaruhi oleh bagian ap?soalnya motor suraX 125D PGM-FI,pas bensin kosong indikator masih menunjukan 2 level,apanya y rusak??

  45. On September 12th, 2010 at 3:46 pm admin Says:

    RT @ Ukie
    Pertama, sesuai buku petunjuk, pengisian bensin tidak boleh melewati leher tanki bensin
    Petugas POM Bensin biasanya tidak aware terhadap ini, dan memaksa untuk memasukkan bensin demi pasnya dengan uang yg diberikan

    Kedua, untuk mengukur keakuratan, cobalah ukur dengan posisi motor datar (biasanya dengan posisi motor standard dua)
    Jika masih tidak akurat, berarti sensornya mungkin mengalami kerusakan,

  46. On September 24th, 2010 at 10:38 pm adon Says:

    Mas sy baru beli motor honda supra X PGM FI dan belum dipakai karena nomornya belum turun. mau tanya. apakah boleh cuci motor dengan semprotan yang kenceng kaya di tempat cucian mobil& motor yang ada sekarang ini? karena cenderung mereka menyemprotkan airnya pakai mesin sehingga dorongan airnya kuat banget

  47. On October 4th, 2010 at 9:28 am beno Says:

    mas Admin, mau tanya, bedanya supra PGM-FI yang ini sama model yang lama itu apa aja? terimakasih,,,

  48. On October 11th, 2010 at 10:41 am admin Says:

    @Beno
    Kelihatannya secara teknologi masih sama. Hanya beda warna di body saja.

  49. On October 11th, 2010 at 10:43 am admin Says:

    @Adon
    Menurut buku manual pemilik, penyemprotan dengan tekanan kuat di daerah EFI (Electronik Fuel Injection) tidak disarankan. Tapi di luar daerah EFI tersebut, diperbolehkan. Tinggal pesan saja ke tukang cuci motornya, agar bagian tersebut, dikurangi tekanannya. Mereka biasanya bisa melakukan hal tersebut

  50. On October 13th, 2010 at 2:52 pm rifat Says:

    gini saya punya motor supra injeksi.klo kita masuk gigi 1,terus perlahan lahan sy tarik gas knp kayak kan terjadi mogok,tersendat sendat,apanya yg bermasalah.

  51. On October 14th, 2010 at 8:39 am admin Says:

    @rifat
    Ada beberapa kemungkinan, salah satunya adalah fuel injection tersumbat sehingga aliran bahan bakar tidak lancar. Hal ini dapat terjadi karena bensin yang kurang bersih. Silakan di bawa aja ke bengkel untuk diagnosis lebih lengkap

  52. On June 13th, 2011 at 1:18 pm ardi Says:

    kenapa ya kok terasa boros sekali..sy baru servis gratis 2 kali..gnti oli sekali..kilmternya baru 1500..? apkah blm di stel ya?

  53. On June 13th, 2011 at 1:20 pm ardi Says:

    knPA KOK GAK NGIRIT SPERTI YG DIBERITAKAN,,APKAH KRN SY GUNAKAN PERTMINA PREMIUM?

  54. On July 25th, 2011 at 10:19 pm AMD Radeon Says:

    wih, saya jadi pengen beli, tapi tetap mau pake premium

  55. On December 12th, 2011 at 8:52 am billy Says:

    Saya juga salah satu dari pemilik motor supra pgm-fi. .
    motor ini sangat enak dan ringan dalam tarikannya, kalo mw diaduh dgn mtr 125 yang laen pgm- fi yang paling unggul dalam tarikannya yang super responsif.
    irit dan jangan lupa motor ini tidak enak tarikannya jika di pakai oili yg kental, kalo me yang enek sih castro power 1 new yang bisa buat motor ini tambah ngacir dan mesin jadih lebih halus. coba aja sendiri.
    smoga bermanfaat. ! ! !

  56. On January 2nd, 2012 at 7:11 pm Ferdinand Says:

    Om w mo nanya nih katanya Supra x PGM FI ada kelemahan. Kalau sering dipakai bepergian jauh, usia motor injection tidak akan lama. benar ga sih…..

  57. On January 29th, 2012 at 5:38 am jae Says:

    Artikelnya sangat komprehensif, lengkap..
    Ada beberapa link yang sudah mati,

  58. On February 10th, 2012 at 8:49 pm dekasper Says:

    gan,ane jg unpad ney,salam kenal,hehhe,,,
    ane jg br beli dan tadi beli pertamax,,rupanya pertamax plus cmn beda 400 perak,tau gitu plus aje,,tapi satu yg ane takutin itu cuci motornya gmn?apa ga boleh yg pake snow wash gitu?bilang ama tukang cucinya dipelanin tekannanya??mohon info2nya,,,tapi info yg agan beri da mantap kok

  59. On March 11th, 2012 at 4:57 pm willy Says:

    met kenal broth.. sy juga rider supra x 125 tapi msh yg model kuno..

    http://willykk.wordpress.com/2010/12/27/honda-supra-x-125/

    good job mybro,.. jgn lupa selalu isi prettAmaatt yaah atw shell :D

Email will not be published

Website example

Your Comment:

 
// // added //
// // added //